Aku udah hampir 1/4 abad



“Usiaku semakin bertambah semakin tua dan .... Argh udah hampir sprempat abad”

Bulan juni yang kemarin usiaku genap 24 tahun, ini artinya aku bukan anak-anak lagi mengingat di usia segini aku udah bisa punya anak “hehehehe” maksudnya udah bisa nikah dan punya anak... Tapi sayangnya hari ini aku lagi gak mau ngomongin anak atau pun pernikahan.


Setahun yang lalu aku menyusun rencana besar, kira-kira apa yang haus ku capai dan apa yang harus ku perbaiki, nyatanya dalam setahun ini gak banyak yang ku capai dan yang ku perbaiki pun masih sedikit. Jadi, di usia 24 tahun ini aku tak membuat banyak rencana, rencananya aku hanya ingin melanjutkan rencana tahun lalu dan memperbaiki diri, itu aja.

“Makin tua aja kau wak kapan kawin?”
Ini nih pertanyaan yang gak sopan. Pertanyaan yang kayak gini yang buat agak risih

“Lalu kira-kira pencapaian apa yang udah ku  capai di usiaku ini?”

Jujur aja sebagai manusia normal tentunya aku merasa masih belum mencaia apa-apa. Tetapi sebagai makhluk yang bertuhan sudah selayaknya aku bersyukur atas semua pencapaiamn yang udah ku raih. 

Gak usah lah ngomongin apa yang gak belum di dapat. Yang udah di dapet aja kadang-kadang gak di syukuri, gimana mau dapet yang lebih. 

Bukankah Allah sudah berfirman dalam Alquran :

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (Q.S.Ibrahim :7)

Dalah hadis juga di terangkan:

“Sesungguhnya bersyukur akan menambah kenikmatan Allah dan perbanyaklah berdoa” (H.R. Thabrani)

Mulai sekarang aku harus lebih banyak bersyukur, karena yang ku tau nikmat Allah itu begitu luas, lebih luas dari yang ku ketahui. Jangan sampai gara-gara punya keinginan yang besar aku jadi lupa bersyukur.

Di usiaku yang hampir seperempat ini aku harus benar-benar memperbaiki diri jangan sampai nantinya aku menyesali kebiasaan burukku. Selama ini banyak waktuku yang terbuang begitu saja aku terlalu sibuk sampai aku lupa bahwa waktuku semakin habis, aku sampai lupa begitu banyak nikmat telah yang ku abaikan.

Aku gak pernah tau apa yang akan terjadi esok, jika sesuatu yang buruk terjadi padaku, apa jadinya aku nanti kalo aku gak mau memperbaiki diriku. Meskipun perubahannya gak drastis, aku yakin ku pasti bisa memperbaiki diriku.

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri”. (Q.S. Arra’du : 13)

“Hidupku gak akan berubah kalo aku gak mau berusaha dan akan terus begini jika aku begini terus. Bukan hanya gadget aku juga harus meng-upgrade diriku”

Di usiaku yang sekarang bukan waktunya lagi bermain-main dan menghabiskan waktu untuk bersantai. Santai-santai boleh aja, tapi liat kondisinya dan ingat waktunya. Semoga aku bisa memprbaiki diriku dan mengubah hidupku. Ku mulai dari bersyukur, dan yang palin penting memperbaiki sholat ku.

Semoga Berhasil. 

“Bismillahirrahmanirrahiim.....”



Blogger
Disqus

No comments