Aku juga manusia biasa, kadang-kadang banyak mengeluh dan sedikit berusaha. Tapi aku harus tau semua itu gak baik untukku.



Mungkin bukan Cuma aku yang sering ngomong sendiri “Harus semangat harus rajin dan harus disiplin”. Kadang-kadang saat aku udah mulai males kata-kata itu ku ulangi dalam hati dengan harapan aku kembali bersemangat, namun kenyataannya kata-kata itu gak bisa membuatku selalu bersemangat. Ada banyak hal yang membuat semanagatku patah dan salah satunya adalah diriku sendiri.


Aku juga sering mengeluh dan banyak meminta. Di setiap shalatku aku selalu meminta ini dan itu. Tapi pernahkah aku bersyukur seperti bagaimana aku meminta? Sedikit sekali aku mensyukuri nikmat dan karunia Allah. Aku lebih banyak meminta daripada bersyukur. Seolah-olah aku lupa bahwa semua ini adalah katunia Allah..

Aku masih banyak mengeluh, banyak berharap dan banyak meminta. Aku lupa kalo selama ini aku sedikit berbuat, sedikit berusaha dan sedikit beramal. Apakah semua ini sebanding dengan apa yang kuminta? Tentu saja tidak. Sifatku yang demikian sangat jauh dari dari keimanan yang sesungguhnya “Astagfirullah, Ampuni aku ya Allah!”

Hidup itu memang pilihan, kita bebas memilih apa saja, tapi ada yang perlu ingat kita gak selalu bebas memilih. Ada aturan yang harus kita ikuti ada jalan yang gak boleh kita tempuh dan ada bagian yang tidak boleh kita ambil. Meskipun katanya bebas kita juga gak selalu bebas meilih, apa lagi bebas meinta. Selalu ada aturan main yang harus kita ikuti.

Selama ini aku banyak memilih hal yang kurang tepat, memilih hal yang salah an memilih hal yang gak berguna. Aku selalu memilih untuk bedoa, berharap an meminta tapi aku sama sekali tidak memilih untuk berusaha an berikhtiar. Lalu pantaskah aku menaatkan yang terbaik? Tentu saja tidak!

Pilihan memang di tanganku tapi aku juga harus memilih yang baik bahkan kadang kadang aku harus memilih yang sulit. Bukan sok “Jago” tapi kadang-kadang pilihan yang benar adalah pilihan yang sulit. Mau tidak mau kita memang harus mengambil pilihan yang sulit untuk meng “Upgrade”  diri kita. Bukankah di balik kesulitan ada kemudahan? Lalu masihkah kita memilih yang mudah dengan hasil yang sulit?

Sekarang sudah saatnya aku memilih yang sulit untuk hasil yang terbaik. Karena kita sama-sama tau “Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan”. Dan tentunya semua itu harus di iringi dengan Ikhtiar yang baik, usaha yang pantas dan banyak bersyukur baru berdoa dan meminta petunjuk Allah. Bukan hanya berdoa dan meminta tanpa mau berbuat apa pun, apa lagi sampai mengeluh..

-------------------------------oOo-------------------------------


Blogger
Disqus

No comments