Karena hidup harus terus berjalan. Untuk hal-hal kecil, cobalah untuk menyelesaikannya sendiri



Biar bagaimanapun hidup ini harus terus berjalan, meskipun masalah datang silih berganti. Karena itu berhentilah mengeluh dan menunda, karena mengeluh gak akan menyelesaikan segalanya dan menunda hanya akan menambah masalah besar. Kadang-kadang justru masalah besar itu datang dari sikap kita yang kurang respect dalam menyikapi hidup, mangkanya mulai sekarang kita harus lebih respect dalam menyikapi hidup, biar gak terus-terusan di rundung masalah dan biar gak terus-terusan galau.

Ingat siang dan malam saling terkait. Tidur tepat waktu akan membuat kita bangun lebih pagi dan pastinya gak akan kesiangan. Kan gak lucu kalo kita telat ngantor hanya karena kesiangan.
Ini bukan hanya tentang tidur saja, tetapi juga tentang istirahat di saat yang tepat. Setiap orang punya waktu istiahat dan waktu bekerja. Tapi kadang-kadang kita istirahat di jam kerja dan alhasil kita harus memnayarnya dengan mengorbankan jam istirahat kita. Bekerja di waktu yang tepat dan istirahat di waktu yang tepat harus jadi prioritas. Karena disiplin adalah kunci keberhasilan. Istirahatla di watu yang tepat agar esok bia bekerja dengan lebih bergairah. Ada bainya bangun lebih pagi dengan bangun lebih pagi kita punya lebih banyak waktu mempersiapkan diri untuk ngantor.


Memberi tak harus uang, karena yang terbaik bisa berupa apa saja. Jangan pelit dengan ilmu berbagi pengetahuan bisa menjadi modal rezeki.
Harus di akui, kadang-kadang kita suka sebel saat ngajari temen. Mungkin karena si teman gak ngerti-ngerti meskipun udah berulang kali kita jelasin, yang kedua mungkin karena si temen selalu bertanya dengan pertanyaan yang sama berulang kali. Jangan keburu kesel, karena memberi tak harus uang, memberi pengetahuan yang baru kepada orang lain juga merupakan pemberian yang berharga. Kadang-kadang kita gak sadar saat kita memberikan pengetahuan yang baru kepada orang lain, mereka akan mengingat kita, dengan begitu siapa tau akan mendatangkan rezeki yang baru.


Ilmu bisa datang dari mana saja, belajarlah dimana saja. Orang pintar selalu mau belajar dari apa saja.
Belajar gak harus di sekolah dan gak harus dengan guru yang hebat. Kita bisa belajar di manapun dan dengan siapa pun. Selama masih ada kesempatan cobalah untuk mempelajari hal-hal baru dan mempelajari pengetahuan yang baru. Gak ada yang salah dengan mempelajari hal baru, selama itu masih di jalur yang tepat. Belajar dari pengalaman dan nilai-nilai kehidupan bisa jadi salah satunya. Belajarla, karena ilmu gak hanya ada di sekolah dan di tempat-temapt tertentu sangat di sayangkan jika usia kita bertambah tapi pengetahuan kita gak bertambah.

Mulai sekarang harus mandiri, jangan selalu bergantung pada orang lain. Kan gak lucu  kalo kita di jauhi temen hanya gara-gara sering ngerepotin.
Jangan selalu mengandalkan orang lain. Untuk hal-hal yang kecil, cobalah untuk menyelesaikannya sendiri. Jangan sapai teman-teman kita menghindar hanya karena kita sering minta tolong. Niatnya si bagus untuk meringankan beban kita, tapi kalo terus-terusan kan jadi gak enak.

“Aduh! si Alit kesana aja yok”
“Lho kok gitu”
“Dia tu orangnya suka nyuru-nyuru, udah kayak bos aja”
“Ooh, yang gak bisa apa-apa itu ya?”

Apa kamu mau di bilang gak bisa apa-apa? Atau di bilang bisanya nyuru aja. udahla! Muali saat ini harus lebi mandiri. Kalo gak sekarang, mau sampai kapan mengandalkan orang lain terus.

Karena bercermin gak hanya untuk merapikan diri. Hidup kita harus juga di rapikan, supaya kita tau udah sampai sejauh mana pencapaian kita.
Bukan melulu soal merapikan diri. Hidup ini juga harus di rapikan mangkanya kita harus sirng-sering mengevaluasi diri. Bukan cuma soal pelajaran di kelas hidup juga harus di evaluasi. Kira-kira udah sampai mana pencapaian kita? Apakah udah seperti yang kita harapkan atau belum.

Bukan tentang seberapa kuat kita berusaha. Karena yang Maha kuat masih akan terus mengawasi.
Semua udah di lakukan, usaha udah maksimal tapi kudu diingat. Ada yang gak boleh kita lupakan. Biar bagaimanpun yang namanya beribadah gak boleh di tinggalkan. Sebagai umat beragama yang baik, jangan pernah tinggalkan ibadahmu, berdoalah dan memohonlah pada-Nya. Sungguh kuasa-Nya melebihi apa yang ada di di bumi dan di langit. Karena sekuat apa pun usaha kita semuanya akan sia-sia jika kita lalai beribadah.



Blogger
Disqus

No comments